Gejala Awal Penyakit Diabetes

 Gejala Awal Penyakit Diabetes
Ciri-Ciri Gejala Awal Orang Terkena Penyakit Diabetes – Gaya hidup sehat yang seringkali diabaikan oleh kebanyakan orang membuat timbulnya penyakit yang merugikan kesehatan tubuh. Berbagai penyakit itu muncul dengan berbagai macam faktor dan salahsatunya adalah asupan makanan yang tidak seimbang selain itu gaya hidup sehat yang sering diabaikan oleh banyak orang menjadi faktor utama banyak orang terserang bermacam-macam penyakit.



Penyakit Diabetes atau gula merupakan salahsatu penyakit yang menyerang tubuh manusia juga kerap dialami oleh banyak orang, penyebabnya antara lain dari keturunan dan juga kebiasaan hidup sehari-hari yang mungkin kurang simbang sehingga penyakit ini timbul dan menyerang tubuh seseorang tersebut. Apa sih penyakit diabetes itu? Bagaimana gejala-gejala seorang terkena penyakit diabetes? Bagaimana cara mengobati atau bahkan untuk mencegahnya? Mungkin serentetan pertanyaan  tersebut yang muncul di benak Anda. Di sini kami akan mengulas tentang ciri-ciri gejala awal orang terkena penyakit diabetes.

Apa itu Penyakit Diabetes?
Penyakit diabetes atau yang lebih dikenal orang dengan nama penyakit kencing manis atau penyakit gula merupakan penyakit yang disebabkan karena terjadinya kelainan pada proses metabolisme tubuh yang disebabkan karena banyak faktor. Penyakit ini muncul karena kadar glukosa yang berlebihan pada dalam darah sehingga menyebabkan insulin dalam tubuh tidak bekerja dengan baik karena tidak mampu memecah glukosa.

Penyakit diabetes ini terdiri dari 2 tipe, yakni diabetes tipe 1 yang biasanya disebabkan oleh tubuh yang tidak mampu menghasilkan insulin atau menggunakan glukosa yang disebabkan karena sel penghasil insulin hancur karena adanya virus dan diabetes tipe 2 yang pada umumnya masih mampu menghasilkan insulin di pankreas. Akan tetapi ada kalanya insulin tidak dapat bekerja seperti biasanya yang biasa dikenal dengan insulin Resistance. Untuk diabetes tipe 1 ini biasanya menyerang mereka yang umurnya di bawah 40 tahun khusunya anak-anak, sedangkan diabetes tipe 2 biasanya menyerang mereka yang berumur lebih dari 40 tahun.

Lalu, Apa Sajakah Gejala Awal Penyakit Diabetes?
Pencegahan secara dini perlu Anda ketahui dengan memahami gejala-gejala awal yang timbul dari penyakit diabetes ini. Apalagi penyakit ini tidak hanya menyerang orang tu melainkan juga menyerang mereka yang masih anak-anak hingga remaja. Adapun gejala diabetes adalah sebagai berikut:

Ciri awal yang sering diabaikan oleh masyarakat adalah mudah lelah. Perlu diwaspadai jika seseorang mudah merasa lelah ketika melakukan aktivitas harian berarti ada permasalahan pada salah satu organ tubuh manusia.
  • Berat badan yang terus menurun tanpa diketahui sebab pastinya.
  • Sering merasa kehausan tanpa tahu penyebab pastinya karena tubuh kehilangan banyak cairan karena seringnya buang air kecil.
  • Warna kulit menjadi gelap terutama di bagian sekitar leher. Hal ini disebabkan karena insulin yang direspon oleh tubuh banyak menghasilkan pigmen.
  • Penglihatan melemah. Hal ini disebabkan karena glukosa dalam darah meningkat sehingga penglihatan sering tidak fokus.
  • Sering kelaparan (polifagia)
  • Jika terjadi luka pada tubuh, lama untuk mengering atau sembuh.
  • Fungsi saraf menurun
https://zafcom.blogspot.co.id/2016/08/obat-alami-diabetes.htmlBagaimanakah Cara Kita Mengatasi Penyakit Diabetes?
Ada berbagai perawatan yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes dan ini tergantung pada tipe dari diabetes itu sendiri. Untuk diabetes tipe 1, perawatan dilakukan dengan menyuntikkan insulin setiap hari karena mengingat penderita diabetes ini tidak mampu mengahasilkan insulin sendiri. Selain itu penderita juga harus aktif untuk memeriksakan kadar glukosa pada darah agar tetap normal.

Untuk informasi selengkapnya lebih baiklangsung berkonsultasi dengan dokter ahli agar mendapatkan penjelasan yang lebih spesifik.

Baca Juga : Obat Alami Diabetes