Cara Membuat Email Gmail

Berbagi Info - Pada kesempatan kali ini kami akan membahas cara membuat email, apa itu email dan fungsi dari email. Dalam tutorial ini akan dibahas secara detail langkah demi langkah tentang cara membuat email pada tiga tempat, yaitu Gmail dan Yahoomail . Tutorial akan mencangkup 2 bagian, pada bagian pertama cara membuat email baru di gmail, bagian kedua cara membuat email baru di yahoo.Email adalah alat komunikasi yang murah, cepat, dan efisien. Email adalah alat komunikasi berjenis surat dalam bentuk elektronik dan merupakan salah satu aplikasi internet yang digunakan dalam hal surat menyurat.
Kegunaan dari email sangatlah banyak, kebanyakan orang membuat email untuk kebutuhan dalam membuat akun, baik itu akun facebook, akun twitter dan sosial media lain. Pada saat kita ingin membuat web 2.0 atau ingin membuat web gratis, kita juga akan membutuhkan email. Pada dasarnya semua jenis layanan yang berada di internet baik gratis atau berbayar, biasanya menyediakan halaman pendaftaran, dan ketika mendaftar akan dibutuhkan alamat email.

Untungnya, dalam membuat email tidak dibutuhkan biaya alias gratis. Oke, Mari kita mulai membuat akun email gratis untuk mulai mengirim dan menerima email.

Cara membuat Email Baru Gmail
Agar mudah dalam memahami dan mengikuti cara pembuatan email, tutorial cara membuat email baru lengkap dengan gambar dibuat dengan sederhana langkah demi langkah.

Kunjungi Gmail.com. Langkah pertama untuk membuat akun email dengan Gmail, layanan email gratis dari Google, adalah untuk mengunjungi situs utama Gmail. Ketik ” gmail.com ” ke bar navigasi dari browser Anda, atau sebaliknya, ketik “Gmail” ke mesin pencari pilihan Anda dan klik hasil yang relevan. Klik “Buat akun” Pada layar login Gmail, lihat link pembuatan akun di bawah form login. Klik link ini untuk melanjutkan ke proses pembuatan akun.

Form Login Gmail
Masukkan informasi pribadi Anda. Masukkan nama depan dan nama belakang, tentukan sandi dan ulang tahun anda. Pada kolom berikutnya, Anda akan diminta untuk gender, nomor telepon dan alamat email alternatif. Untuk pengisian alamat email alternatif bersifat opsional.

Memasukkan Nama
Pilih alamat email dan password. Pada halaman pembuatan akun yang sama, Anda juga akan diminta untuk menentukian alamat email dan password. Sandi yang Anda pilih minimal delapan karakter, sedangkan alamat email Anda buat belum pernah digunakan oleh orang lain. Masukkan informasi ini dalam kotak yang sesuai. Anda harus mengetikkan password dua kali untuk konfirmasi keakuratan.

Memasukkan Password
Gulir ke bawah sampai Anda melihat gambar yang berisi beberapa nomor. Ketik angka-angka ini ke dalam kotak yang ditunjuk – hal ini memastikan bahwa Anda adalah manusia dan bukan robot yang mencoba untuk mendaftar akun email. Jika Anda tidak ingin berpartisipasi dalam proses verifikasi ini, Anda akan diminta untuk memverifikasi melalui telepon.

Verifikasi Human
Centang kotak di sebelah teks yang mengatakan “Saya menyetujui Persyaratan Layanan Google dan Kebijakan Privasi Google.” Ini menandakan bahwa Anda memahami dan menyetujui segala persyaratan, klik “Langkah berikutnya.”

Centang Persetujuan
Selamat! Kita telah berhasil membuat akun Gmail baru :). Cukup selesai disini, silahkan Klik tombol “Lanjutkan ke Gmail” untuk mengakses inbox email anda.

Halaman Inbox

Cara Membuat Email Baru Yahoo
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengunjungi mail.yahoo.com, maka kita akan diarahkan ke halaman login seperti gambar berikut:

Create New Account
Perhatikan gambar diatas, klik tulisan ” Sign up for a new account “, maka kita akan diarahkan ke halaman lain, seperti gambar dibawah ini:

Signup Email
Pada halaman signup ini kita dipersilakan untuk mengisi data mengenai diri kita, selengkapnya perhatikan nomor pada gambar diatas dan berikut penjelasannya.
nomor 1: Isikan nama depan kita
nomor 2: Isikan nama akhir kita
nomor 3: Isikan alamat email yang ingin kita buat
nomor 4: Isikan password email kita
nomor 5: Isikan no hp untuk proses aktivasi dan recovery
Gulir kursor kearah bawah dan kita akan dipersilahkan untuk melengkapi data diri kita.

Create Account
Lanjut, penjelasan nomor pada gambar diatas.
nomor 1: Isikan tanggal bulan dan tahun pada saat kita lahir
nomor 2: Isikan jenis kelamin
nomor 3: Bersifat optional, isikan no hp cadangan

Klik tombol ” Create account ” untuk membuat akun email yahoo. Maka kita akan diarahkan ke halaman baru seperti gambar dibawah ini:

Send SMS
Klik tombol ” Send SMS “, pada no 1 diatas merupakan no hp yang telah kita isiskan sebelumnya. setelah klik kita akan diarahkan ke halaman baru untuk aktivasi, seperti gambar dibawah ini:

Submit code
Isikan kode verivikasi yang telah dikirimkan ke hp ke kolom yang ditunjuk no 1 dan klik tombol ” Submit code “, maka kita akan diarahkan ke halaman inbox seperti gambar dibawah ini:

Halaman Inbox
Selamat! Email yahoo kita telah selesai dibuat.